Berita

SMK Negeri 1 Manggar yang mewakili Kabupaten Belitung Timur berhasil meraih Juara Harapan I pada perhelatan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat SMA/SMK se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar pada Kamis, 10 Agustus 2023. Hasil tersebut didapat setelah melewati perebutan soal yang cukup sengit pada babak final melawan SMA Negeri 1 Tanjungpandan, SMA Negeri 3 Pangkalpinang dan SMA Negeri 1 Sungaiselan.

Niwikoya selaku guru pendamping menyatakan bahwa walaupun tidak mendapatkan juara 1, hasil tersebut terbilang sebuah capaian yang luar biasa mengingat persiapan yang dilakukan untuk mengikuti perlombaan tersebut kurang dari 2 minggu saja. “Kami baru mendapat kabar akan lomba tersebut pada akhir bulan Juli dan harus melakukan seleksi terhadap anak-anak yang akan ikut. Jadi bisa dikatakan waktu kami untuk membina mereka sangat terbatas. Beruntung Bagian Hukum Setda Kab. Beltim turut serta memfasilitasi dan membina siswa kami yang ikut serta dalam Lomba tersebut sehingga kami cukup terbantu.”

Pada kesempatan berbeda Amrullah, S.H selaku Kabag Hukum Setda Kab. Beltim menyatakan bahwa penyuluhan hukum dan pembinaan peserta lomba kadarkum merupakan salah satu bentuk penyebarluasan informasi hukum yang juga menjadi tugas Bagian Hukum. “Lomba Kadarkum kan merupakan salah satu bentuk penyuluhan hukum, dan penyuluhan hukum merupakan salah Upaya penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan dan itu kan merupakan salah satu tugas dari Bagian Hukum. Selain itu kita kan punya 2 orang pejabat Fungsional Penyuluh Hukum, dimana segala hal terkait Kadarkum mulai dari pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Sekolah Sadar Hukum serta pembinaan peserta lomba Kadarkum merupakan salah satu tugas dari Fungsional Penyuluh Hukum.”

Lomba Kadarkum sendiri dilaksanakan dalam dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final dimana 2 regu dengan nilai tertinggi pada babak penyisihan berhak mengikuti babak final. Penunjukan peserta lomba sendiri didasarkan pada sekolah tujuan yang telah menerima sosialisasi dan penyuluhan hukum dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung. (10n)